Breaking News
recent

Taman Nasional Baluran; Jawa Timur

Unit Pelaksana Teknis
:
Balai Taman Nasional Baluran
Propinsi
:
Jawa Timur
Kabupaten
:
Situbondo dan Banyuwangi
Luas (Hektar)
:
25.000
No. SK
:
SK. Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997
Tanggal SK
:
23 Mei 1997
KEADAAN FISIK KAWASAN
Taman Nasional Baluran adalah salah satu Taman Nasional di Indonesia yang terletak di wilayah Banyuputih, Situbondo dan Wongsorejo, Banyuwangi (sebelah utara), Jawa Timur, Indonesia. Nama dari Taman Nasional ini diambil dari nama gunung yang berada di daerah ini, yaitu Gunung Baluran. Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan mangrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan.
Berdasarkan SK. Menteri Kehutanan No. 279/Kpts.-VI/1997 tanggal 23 Mei 1997 kawasan TN Baluran ditetapkan memiliki luas sebesar 25.000 Ha.
Sesuai dengan peruntukkannya luas kawasan tersebut dibagi menjadi beberapa zona berdasarkan SK. Dirjen PKA No. 187/Kpts./DJ-V/1999 tanggal 13 Desember 1999 yang terdiri dari:
  • zona inti seluas 12.000 Ha.
  • zona rimba seluas 5.537 ha (perairan = 1.063 Ha dan daratan = 4.574 Ha).
  • zona pemanfaatan intensif dengan luas 800 Ha.
  • zona pemanfaatan khusus dengan luas 5.780 Ha, dan zona rehabilitasi seluas 783 Ha.
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora
Taman Nasional ini memiliki sekitar 444 jenis tumbuhan dan di antaranya merupakan tumbuhan asli yang khas dan mampu beradaptasi dalam kondisi yang sangat kering. Tumbuhan khas tersebut adalah: Widoro bukol (Ziziphus rotundifolia); Mimba (Azadirachta indica); Pilang (Acacia leucophloea)
Tumbuhan lainnya antara lain: Asam jawa (Tamarindus indica); Gadung (Dioscorea hispida); Kemiri (Aleurites moluccana); Gebang (Corypha utan); Api-api (Avicennia sp.); Kendal (Cordia obliqua); Salam (Syzygium polyanthum); Kepuh (Sterculia foetida)
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna
Di Taman Nasional ini terdapat 26 jenis mamalia, di antaranya adalah: Banteng (Bos javanicus javanicus); Kerbau liar (Bubalus bubalis); Ajag (Cuon alpinus javanicus); Kijang (Muntiacus muntjak muntjak); Rusa (Cervus timorensis russa); Macan tutul (Panthera pardus melas); Kancil (Tragulus javanicus pelandoc); Kucing bakau (Prionailurus viverrinus)
Satwa banteng merupakan maskot/ciri khas dari Taman Nasional Baluran.
Selain itu, terdapat sekitar 155 jenis burung, di antaranya termasuk burung langka seperti: Layang-layang api (Hirundo rustica); Tuwuk asia (Eudynamys scolopacea); Burung merak (Pavo muticus); Ayam hutan merah (Gallus gallus); Kangkareng (Anthracoceros convecus); Burung rangkong (Buceros rhinoceros); bangau tong-tong (Leptoptilos javanicus)
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -7.8311831,114.3525316
Sumber: 
    Bhre Polo

    Bhre Polo

    No comments:

    Post a Comment

    Powered by Blogger.