Breaking News
recent

Taman Hutan Raya Ngargoyoso/K.G.P.A.A.Mangkunagoro I; Jawa Tengah

Unit Pelaksana Teknis
:
UPTD Kehutanan Jawa Tengah
Propinsi
:
Jawa Tengah
Kabupaten
:
Karanganyar
Luas (Hektar)
:
231
No. SK
:
Keputusan Menteri Kehutanan RI Nomor: 233/Kpts-II/2003
Tanggal SK
:
15 Juli 2003
KEADAAN FISIK KAWASAN
Satu-satunya Taman Hutan Raya (TAHURA) yuang ada di wilayah Provinsi Jawa Tengah seluas 231 hektare, merupakan arena pelestarian aneka flora dan satwa, serta penyeimbang ekosistem lereng barat Gunung Lawu, di samping sebagai taman rekreasi dan lokasi Penelitian.
Taman Hutan Raya ini memiliki nama lengkap Taman Hutan Raya K.G.P.A.A.Mangkunagoro I; berlokasi di dusun Sukuh, desa Berjo, kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Lokasinya berada sekitar 800m dari candi Sukuh. Tahura dikelola oleh Balai Penelitian Tumbuhan dan Pengelolaan Taman Hutan Raya (BPTP Tahura) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Tengah.

POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem;
  • Gunung: -
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora 
Selain tegakan Pinus (Pinus merkusii), jenis flora yang berada dalam kawasan Tahura Ngargoyoso adalah Kina (Chinchona sp), Cale, Pampung (Uranthe javanica), Akasia (Acasia dekurens), Kayu Betupuk, Pasang (Quercus sp), Puspa Daun Merah dan Ndok-ndokan (Glicosmis cochinensis).
Tanaman perdu dalam kawasan Tahura di dominasi oleh Kerinyu (Eupatorium adoratum), sedang tanaman bawah didominasi alang-alang, paku-pakuan, rumput gajah, kingkongan dan pakis.
Juga terdapat jenis tanaman plorot yang dipercaya oleh masyarakat sekitar sebagai tanaman obat-obatan yang dapat membantu persalinan.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here

Fauna
Jenis-jenis Fauna yang mempunyai nilai konservasi tinggi dan dapat diketemukan secara langsung maupun tidak langsung, baik yang dilindungi maupun tidak dilindungi undang-undang adalah :
Mamalia: Macan Tutul / Kumbang (Panthera pardus); Kijang (Muntiacus muncak);Kera abu-abu ekor panjang (Manaca fascicularis)
Reptil: Biawak (Varanus salvator);Ular; Landak (Hystrix brachyura)
Aves: Burung Kapinis pohon; Burung Walet; Burung Kutilang; Burung Emprit; Burung Dekukur; Burung Jalak; Burung Ciblek; Burung Prenjak Kuning; Burung Prenjak Sayap Garis;Burung Kupasan Timur; Burung Sepah Hutan; Elang Ular; Elang Bido; Elang Jambul Hitam; Elang Belalang; Ayam Hutan; dll
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: -7.6332436,110.8723573
Sumber:
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.