Breaking News
recent

Cagar Alam Mertelu Purba; Sumatera Utara

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Sumatra Utara
Propinsi
:
Sumatra Utara
Kabupaten
:
Simalungun
Luas (Hektar)
:
195
No. SK
:
KepMenhut No. 471/Kpts-II/1993
Tanggal SK
:
2 September 1993
KEADAAN FISIK KAWASAN
Kawasan ini secara administratif pemerintahan terletak diantara Desa Purba Tongah dan Desa Tiga Runggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun.
Hutan yang ada disini bukanlah hutan alam tetapi merupakan hutan buatan hasil tanaman reboisasi. Pada tahun 1980, ketika kawasan masih berstatus sebagai hutan lindung, oleh seorang tokoh kehutanan Sumatera Utara, kawasan ini dipilihnya sebagai lokasi untuk kegiatan reboisasi dengan penanaman dari jenis Meranti (Shorea sp.)
Keberhasilan dari upaya reboisasi tersebut telah membentuk hutan dengan komposisi dari jenis yang sama, yaitu meranti dan menghasilkan hutan hujan tropis dipterokarpus yang seumur dengan strata tajuk hutan yang sama dan menjulang tinggi. Tegakan meranti tersebut saat ini telah mencapai tinggi 28-30 meter dengan diameter batang mencapai 60-80 cm.
Ciri pada hutan ini adalah lapisan tanahnya yang tipis dan akar pohon tak mampu menembus jauh ke dalam tanah, sehingga banyak diantara pohon itu mengembangkan akar penunjang yang menopang batang pohon yang tinggi dan lurus itu.
Kawasan hutan ini berada di tepi jalan raya, bahkan dibelah jalan, sehingga bila kita menggunakan kendaraan pribadi dari dalam mobil sudah dapat diamati pepohonan yang tumbuh. Karena hutan ini sejenis dan seumur, maka dari jauh nampak pemandangan yang indah dengan tajuk merata.
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Kawasan ini sangat berpotensi dalam pengembangan penelitian bidang kehutanan, ekologi, serta untuk mempelajari pepohonan (Arboretum).
Ekosistem;
  • Gunung:-
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora; 
Flora Hutan yang ada disini bukanlah hutan alam tetapi merupakan hutan hasil reboisasi. Seluruh luas kawasan hutan ini ditanami dengan jenis meranti (Shorea sp). Tegakan meranti tersebut saat ini telah mencapai tinggi 25 m, dengan diameter batang sekitar 60 cm, tegakan ini mempunyai umur yang sama.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini: 
Endemik: -...?
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna; 
Jenis fauna yang ada dalam kawasan ini antara lain Harimau (Panthera tigris) meskipun populasinya sangat jarang namun daerah ini merupakan home range. Satwa yang lain seperti Kambing hutan, Babi Hutan, Beruang (Helarctos malayanus), burung-burung seperti burung murai, perkutut, pergam dsb.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here
Location:


koordinat: 2.8627656,98.7143637
Sumber: 
Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.