Breaking News
recent

Cagar Alam Gunung Gebugan (gunung Ungaran); Jawa Tengah

Unit Pelaksana Teknis
:
BKSDA Jawa Tengah
Propinsi
:
Jawa Tengah
Kabupaten
:
Semarang
Luas (Hektar)
:
1,8
No. SK
:
Surat Keputusan Menteri Kehutanan dan Perkebunan RI Nomor: 4SK. 359/Menhut-II/2004
Tanggal SK
:
1 Oktober 2004
KEADAAN FISIK KAWASAN
Cagar Alam Gebugan merupakan salah satu Cagar Alam di wilayah Jawa Tengah yang terdapat di Kabupaten Semarang. Nama Cagar Alam ini diambil nama desa lokasi Cagar Alam tersebut berada.
Secara administrasi, CA Gebugan terletak di wilayah Desa Gebugan, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang. Kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan cagar alam berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda Nomor 36 Staatsblad No. 43 tanggal 4 Februari 1924. Keputusan ini diperkuat dengan SK Menteri Kehutanan Nomor : SK. 359/Menhut-II/2004 tanggal 1 Oktober 2004.
Luas Cagar Alam Gebugan, Semarang sekitar 1,8 Ha. Berada di lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian sekitar 1.050 meter di atas permukaan laut dengan tofografi berbukit dan bergelombang. Memiliki jenis tanah latosol (inceptisol) berwarna coklat kekuningan. Curah hujan rata-rata 2.000 mm/tahun dengan suhu antara 18 – 26,8 derajat celcius. Tipe ekosistemnya adalah hutan hujan tropis dataran tinggi.
Di sekitar Cagar Alam Gebugan ini terdapat Hutan Lindung yang dikelola oleh Perum Perhutani. Ini sekaligus menjadi kawasan penunjang ekosistem di kawasan cagar alam ini.
POTENSI BIOTIK KAWASAN
Ekosistem
  • Gunung: Ungaran
  • Danau: -
  • Sungai: -
Flora
Potensi flora yang dimiliki oleh Cagar Alam Gebugan, Kab. Semarang, Jawa Tengah ini antara lain Jamuju (Dacrycarpus imbricatus), Berangan (Castanopsis argentea), Pakis galar (Cyathea contaminans), Gondang (Vicus variegata), Waru Gunung (Hibiscus macrophyllus), Kantil (Magnolia champaca), Cemplongan, Rengas (Gluta tourtour), Malelo, Kina (Chinchona spec.), Kaliandra (Calliandra sp.), Kayu Manis (Cinnamomum burmanii) dan lain-lain.
Berikut rincian flora di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Lumut ===> click here
Rumput ===> click here
Paku-pakuan ===> click here
Semak ===> click here
Berkayu ===> click here
Mangrove ===> click here
Fauna
Beberapa hewan yang tercatat menghuni kawasan konservasi ini diantaranya adalah beberapa jenis mammalia seperti Kijang (Muntiacus muntjak), Babi Hutan (Sus scrofa), Trenggiling (Manis javanica), Luwak (Lariscus insignis), hingga reptil seperti Ular Sawo. Juga berbagai jenis burung seperti beberapa jenis Alap-alap (Falconidae), Elang (Accipitridae), Raja Udang (Alcedinidae), dan Rangkong (Bucerotidae). Juga burung Prenjak (Prinia subflava), Gelatik Gunung (Padda orryzivora), Dederuk (Streptopelia sp.), Burung Paok Pancawarna (Pitta guajana), dan lainnya.
Berikut rincian fauna yang diidentifikasi di wilayah konservasi ini:
Endemik: -
Amfibi ===> click here
Burung:
-Burung Biasa ===> click here
-Burung Penyanyi ===> click here
Ikan ===> click here
Insect ===> click here
Mamalia ===> click here
Reptil ===> click here
Terumbu Karang ===> click here  
Location:


koordinat: -7.1780646,110.241181
Sumber: 

Bhre Polo

Bhre Polo

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.